Minggu, 05 Agustus 2018

Morning Dew Drop

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Sabtu kemarin nemenin paksu reuni akbar SMP. Dari mulai angkatan pertama 1977 sampai dengan angkatan 2017, tumpah ruah dihalaman musium satria mandala. Seperti halnya perayaan reuni, selain temu kangen bertukar cerita, makan dan berfoto ria sambil diiringi hiburan dipanggung, buat saya pribadi dari semua acara yang ada, gongnya adalah saat rombongan guru datang yang dijemput dalam satu bis besar. Ketika panitia mengumumkan rombongan guru tiba, para alumni membuat barisan disebelah kiri dan kanan, sementara jalan tengah dikosongkan buat jalan para guru menuju venue. Gemuruh sorak sorai dan tepuk tangan semua yang hadir mengiringi turunnya para guru ke jalan menuju ke dekat panggung. Bergidik, haru sampai sempat meneteskan air mata karena haru menyaksikan momen yang sederhana tapi buat saya luar biasa. Para sosok pendidik mulai dari yang sudah sepuh sampai yang masih aktif mengajar, dielu2kan sambil sesekali disalami oleh para alumni yang ada dibarisan depan. Langsung kebayang betapa besarnya jasa mereka disalah satu fase kehidupan kita. Orang2 yang mengabdikan diri mereka untuk membuat kita menjadi seperti sekarang ini. Apalagi kalo kita ngeliat perjuangan para guru yang bertugas didaerah2 terpencil, begitu luar biasanya semangat untuk membuat generasi penerus negri ini menjadi manusia2 hebat...
Salut dan hormat saya buat teman2 yang mengabdikan waktu dan dirinya untuk meneruskan tongkat estafet menjadi pendidik2 yang handal. Semoga kalian semua selalu sehat, semangat dan berdedikasi tinggi dalam membuat negri ini lebih baik lagi. Amin

Have a good Monday dan jangan lupa bahagia & bersyukur😘😘😘

Bekasi, 06.08.2018
Morning Dew Drop

Sahabat

Udah lama juga saya ngga kopdar dengan beberapa sahabat2 seperjuangan..Berbagai sebab dengan mengatasnamakan kesibukan mengurus keluarga, sulit sekali rasanya untuk bisa ngobrol2 seru seperti jaman bujangan dulu tanpa terinterupsi dengan tugas2 kenegaraan. Padahal setiap selesai bertemu dengan mereka banyak energi2 yang kembali terisi, walau hanya sekedar ngomongin hal2 yang remeh...
Seringnya kalaupun akhirnya bisa ketemu muka, urusan curhat hanya bisa dilakukan sekejab bahkan kadang ngga sempet karena sibuk bercerita tentang perkembangan anak2. Dan ketika harus berjanji untuk bertemu kembali, kita harus sama2 sabar menunggu saat itu datang...
Semoga kita selalu bersama dalam doa walau raga belum juga bersua #duh bahasa gw😁😁😁

Have a great weekend and spend more time with your best friend dan jangan lupa bahagia & bersyukur😘😘😘

Bekasi, 03.08.2018
Morning Dew Drop

Pasfoto

Kemarin pas lagi beberes lemari, ketemu ama satu file yang isinya pasfoto saya, suami dan anak2. Kebetulan saya mayan rajin menyimpan cetakan pasfoto hitam putih dari pertama kali saya buat, yaitu pas masuk SD. Lalu berturut2 hingga terakhir kalo ngga salah bikin pasfoto sekitar tahun 2013. Pasfoto ini juga jadi salah satu bukti cetak perubahan bentuk wajah kita dari yang imut, ngegemesin, nyebelin, bikin kezel ampe yang bikin kagum, kok pernah bisa sekece itu πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„.
Yang udah2 dan menurut cerita orang2 sih, biasanya pasfoto yang ngga pernah bener itu adalah pasfoto waktu bikin sim dan passport, karena cepet banget ngambilnya dan wajah belum terkondisikan dengan benar...😜😜😜
Menurut kalian sendiri yang uda sekian kali bikin pasfoto, dimasa usia berapa pasfoto yang paling baik atau terfavorit? Trus pasfoto usia berapa yang menurut kalian, duh ini ngga banget deh...
Kalo saya sih yang terfavorit tetep pasfoto pertama, keliatan natural dan imut2, trus yang rada2 bikin ilfil tuh pasfoto diijasah SMA, karena disitu saya terlihat sangat tampan...hahaha

Have a lovely Thursday dan jangan lupa bahagia & bersyukur😘😘😘

Bekasi, 02.08.2018
Morning Dew Drop

Rumah Kenangan

Punya kenangan tertentu terhadap satu rumah?
Mungkin karena dulu dibesarkan disana, jadi banyak kenangan2 yang tak terlupakan bersama adik kakak dan para tetangga.
Atau berkesan dengan hunian waktu belum hijrah ke ibukota, adem ayem tentrem lan marem😬😬😬
Bisa juga tempat tinggal yang berpindah2 karena orang tua yang bekerjanya tidak menetap disatu tempat.
Atau mungkin juga rumah pertama yang akhirnya berhasil kita miliki dengan perjuangan yang tidak mudah. Mulai dari hunting tempat, nyari harga yang terjangkau, fasilitas umum yang lengkap, pake acara ketipu developer atau pas pengen ngelunasin ada kejadian yang ngga ngenakin...dan banyak lagi.
Setiap rumah selalu punya kisah yang istimewa, karena beragam penghuni dengan segala cerita yang turut melengkapi terukirnya sebuah kenangan dalam rumah.
Jadi rumah mana yang berkesan buat kalian?

Have a lovely Monday dan jangan lupa bahagia & bersyukur😘😘😘

Bekasi, 30.07.2018
Morning Dew Drop

Salah satu efek libur sekolah yang lama adalah ketergantungan sama kotak ajaib aka tipi. Mau ngapain aja, kayaknya kalo tipi mati rasanya kurang afdol. Entah itu mo makan, mainan atau baca, mesti tangannya pada otomatis mencet remote.
PR banget buat emak gimana caranya perlahan2 ngelepas ketergantungan ini #lebay. Tingtingting aha bukan ayu #krikkrikkrik...dapetlah ide, setiap mereka selesai nonton tipi, mereka harus menuliskan apa yang udah dilihat ke sebuah buku yang sudah saya siapkan sebelumnya.
Trus pada nurut? Awalnya sih ngga, ya you knowlah kids jaman saiki, dari mulai protes, ngeyel, nawar, pura2 lupa ama ceritanya sampai akhirnya pasrah, karena simamak bertahan tidak mengijinkan tipi nyala kalo mereka belum nulis.
Mungkin buat kakaknya tugas ini ngga terlalu berat karena urusan baca n nulis uda lancar jaya dari TK, sementara sibontot, berurusan dengan nulis dan baca masih alergi. Jadi kudu banyak sabar ngedikte, yg otomatis bikin saya juga ikutan nonton biar tahu jalan ceritanya. Yah minimal dia sudah mau menulis dan membaca ulang tulisannya, walau hanya 3-4 baris saja.
So far, cara ini efektif untuk bikin mereka berpikir panjang buat nyetel tipi. Mereka memilih main mainan bagi si bontot, sementara si sulung lebih suka membaca. Tapi untuk urusan makan, mau ngga mau mereka tetep sambil nonton tipi karena uda kebiasaan..Ngga masalah selama makanannya habis trus tetep nulis dibuku jurnal.
Ada yang punya pengalaman yang sama?

Have a great weekend dan jangan lupa bahagia & bersyukur😘😘😘

Bekasi, 27.07.2018
Morning Dew Drop

Prosopagnosia

Ada yg pernah baca atau denger istilah ini? Atau malah punya pengalaman khusus dengan Prosopagnosia?
Saya juga baru tahu pas lagi keliling dunia....maya beberapa hari lalu😚😚😚
Emang apa sih prosopagnosia ini? Baca ama nulisnya rada ribet niy sodara2😁😁😁
Prosopagnosia adalah kelainan dimana seseorang memiliki ketidakmampuan untuk mengenali wajah, sehingga penderita sulit mengenali wajah orang lain, bahkan wajah mereka sendiri. Penyakit ini diakibatkan oleh ada kerusakan pada otak dan merupakan salah satu penyakit langka yang hanya diderita oleh 2% dari jumlah manusia yang ada. Bagi penderita prosopagnosia, semua wajah terlihat sama dimata mereka, jadi biasanya untuk menghapalkan seseorang mereka mencari ciri2 tertentu seperti potongan rambut, gaya berpakaian atau suara. Sedikit aja ada perubahan dari yg mereka sudah hapalkan, otomatis mereka akan lupa dengan siapa mereka berhadapan.
Sedih ya kalo ngebayangin repotnya mereka untuk mengingat2 seseorang, padahal mata bisa melihat, tapi setiap saat ingatan itu bisa hilang dan lupa segalanya.
Jadi nanti kalo suatu saat ketemu seseorang yang emang lupa beneran, walau uda dikasih banyak petunjuk, harap dimaklumi, mungkin saja dia terkena prosopagnosia.
Beda kasus ya kalo lupanya karena ditagih utang, ini mah prosopagnosia jadi2an...atau mungkin ingin kena prosopagsonia dalam hal melupakan mantaners #eaaaa

Have a nice Thursday dan jangan lupa bahagia & bersyukur😘😘😘

Bekasi, 26.07.2018
Morning Dew Drop

Ngirit

Emang sih akhir2 ini hampir semua keperluan pokok ngga ada yang murah. Mulai dari harga sembako yang bergiliran naik turun, bahan bakar, biaya sekolah dan sebagainya, bikin kita harus pintar2 mengatur antara pendapatan dan pengeluaran. Apalagi buat kami yang alhamdulillah nyampe aja diakhir bulan, sebelum yang berikutnya tiba #lohcurcol.
Kemarin tetangga sebelah ngalamin musibah, jadi setiap hari si bapak nganter 2 anaknya sekolah yang uda ditingkatan SMP n SMA, dengan menggunakan motor yang uda lanjut usia. Padahal setau saya ada motor lain yg lebih gress dan sebuah mobil Suv ngetem digarasi mereka. Singkat cerita ditengah perjalanan tiba2 batangan motornya patah dan semua penumpang terjelembab.
Yang paling parah, anak yg duduk paling belakang harus ngalamin jahitan didagu karena robek lumayan besar...
Si ibu nyesel karena kepengen irit malah bikin celaka dan anaknya jadi trauma.
Padahal kalo dipikir2 resiko yang dihadapi besar, uda boncengan bertiga, yg pake helm cuma bapaknya doang pkus kendaraan yang uda ngga sanggup nanggung beban berat...
Tapi kadang manusia itu emang perlu disentil dulu untuk bisa diyakinin atawa diingetin.
So guys be careful ya, kalo uda urusan dengan keselamatan, jangan ngirit yang dijadikan patokan, walaupun musibah bisa menimpa siapa aja, minimal dengan kita sudah melakukan persiapan yang terbaik, pencegahan bisa lebih maksimal.

Have a good Tuesday dan jangan lupa bahagia & bersyukur😘😘😘

Bekasi, 24.07.2018