Minggu, 15 Januari 2017

Pasar Tradisional

Pasar selalu menjadi tempat yang menyenagkan untuk menemukan hal-hal baru. Entah itu barang yang diperjualbelikan, para pedagang, para pembeli atau orang-orang yang iseng sekedar lewat ataupun melihat-lihat.

Ngobrol-ngobrol dengan para pedagang saat pembeli sedang tidak terlalu banyak, bisa juga menghasilkan informasi-informasi yang mengejutkan.

Suatu kali saya pernah ngobrol dengan tukang ikan, dari sekedar ngomongin ikan yang mo dibeli ampe ujung-ujungnya siabang penjual keceplosan cerita kalo ibu anu punya beberapa tunggakan pembayaran bahkan ada masanya dimana si ibu lupa berapa jumlah uang yang belum dibayar dan ini berujung pada kepasrahan sang penjual karena ibu tersebut ngeyel ora uwis-uwis.

Mana kalo nawar mintanya murah melulu bu eh giliran bayar masih juga minta dikurangin atau kadang hari bayar buat pembelian kemarin. Modal saya kan ngga banyak bu, kalo ada yang kayak begini saya kadang jadi bingung, mo belanja buat besok kurang, ngga belanja lebih sudah lagi, ngga bisa datang saya. Paling saya akalin dengan pulang jualan saya mancing, lumayan buat nambah-nambahin jualan saya besok..So sad isn’t?

Hhmmm...kok ada yah ibu2 yang tega seperti itu. Kalo kita mo sedikit berpikir, keuntungan yang didapat oleh penjual ikan tersebuat tidaklah banyak, bahkan cenderung kepada yang penting buat belanja lagi besok ada. Belum lagi perjuangannya untuk mendapatkan ikan yang mo dia jual. Jam 12 malam sudah harus keluar rumah untuk pergi ketempat pelelangan ikan bersama beberapa penjual lain dengan menggunakan pick up yang biaya perjalanannya kurleb 60rb perorang. Sampai dilokasi mereka masih harus berebut dengan penjual lain untuk mendapatkan ikan dengan harga yang kira-kira tidak memberatkan pelanggan mereka dipasar.

Itulah salah satu sebab kenapa saya kalo kepasar ngga pernah nawar, karena kasian cyin, modal sendiri, ngga besar pula, masa sih kita tega ngurangin keuntungan yang mereka dapatkan?

Kalapun hidup kita memang sedang susah dan pas-pasan, ngga ada salahnya kita tetap berbagi dengan cara tidak menawar pada para pedagang dipasar tradisional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar