Kamis, 17 November 2016

RUMAH KONTRAKAN


Pernah ngalamin jadi kontraktor aka pindah dari satu kontrakan ke kontrakan yang lain?
Pernah dong ah #bangga. 
BokapNyokap baru dikasih rejeki bisa punya rumah sendiri (walaupun nyicil) ditahun 1986 saat kita pindah ke bekasi.

Sebelumnya ortu pindah dari satu kontrakan ke kontrakan yang lain. Seinget gw pertama kali ngontrak tuh didaerah tomang sekitar tahun 1977 atau 1978. Tapi kalo kata alm.kakak gw sebelumnya kita pernah tinggal didaerah kebon nanas, yg mana gw ngga punya gambaran samsek tentang rumah yg disini.

Waktu itu kayaknya lebih mirip kamar kos ketimbang rumah kontrakan soale cuma sekamar doang. Tinggal disitu sekitar setahun abis itu pindah kontrakan lagi karena adik gw lahir ditahun 1979 jadi perlu tempat yg rada gedean lagi. Jarak dari kontrakan yang lama ngga terlalu jauh kurleb 2 kiloanlah. Gw ngga terlalu inget detilnya karena udah lama banget. Yang pasti letak rumahnya ada didalam gang, tetangga kiri kanan juga mayan padet. Lebih mirip komplek ketimbang rumah diperkampungan.

Tahun 1981 adik gw yg berikutnya lahir. Berhubung kontrakan juga dah abis “soktahu”, pas naik kelas 2 sekitar tahun 82an kita sekeluarga pindah ke cengkareng, kali ini kita pindah ke daerah perkampungan, masih banyak tanah lapang dan pohon-pohon besar tempat yang asik banget buat main anak2, cuma kalo uda malem sepi banget cyin apalagi kalo pas ada tetangga yang meninggal, biar malem minggu juga abis magrib langsung sunyi senyap. Maklum deh dulu kan ik masih polos, masih bisa ditakut2in ada yang getayangan..😱😱

Rumahnya mayan gede, ada 2 kamar tidur, satu kamar mandi dan dapur yg letaknya agak terpisah dari rumah utama. Jadi kalo malem2 mo ada hajat rada spoky juga soale kudu keluar dari rumah utama dulu. Ada juga halaman samping dan belakang buat sarana kabur dari rumah kalo lagi ngga pengen tidur siang #ups...

Yang pasti gw inget adalah rasanya puas banget main waktu tinggal diwilayah ini, rasanya main ngga ada bosennya apalagi capek, pokoknya kalo uda pulang sekolah bawaannya pengen main ajah. Kalopun lagi ngga kepengen main eh ada aja temen yang nyamper ngajakin keluar. 

Banyak permainan2 yang seru untuk dilakukan bersama2 teman. Buat yang masa kecilnya ada ditahun 80an, pasti uda ngga asing dengan permainan dampu, tak jongkok, tak benteng, tak umpet, galasin, gundu, layangan, main karet, bola pokoknya semua aktifitas luar luar yang sepertinya ngga abis2 buat dikerjain. Ada aja permainan yang bisa kita mainin walaupun dengan peralatan yang sederhana.

Main dampu kita cuma perlu pecahan genteng sebagai alatnya.

Main masak2an tinggal metikin daun2an diluar, untuk alat pemotongnya kita pake alat bekas naro obat nyamuk bakar.

Main tak benteng cuma perlu pohon atau tiang listrik.

Main tak jongkok cuma perlu tempat seadanya.

Main layangan uda paling enak karena masih banyak tanah lapang.

Main sepeda udah paling aman karena ngga ada bocah2 pada mainan motor.

Kalopun uda cape tinggal manjat ke pohon buat lalu nangkring diatasnya sambil makananin buah yang ada. Ada jambu biji, jambu air, belimbing, mangga, jamblang, kecapi, ceri...ah pokoknya asik deh, ini sambil nulis aja kok kayak kebawa kemasa itu lagi yah #nerawang.


Atau kalo lagi bosen main dideket rumah kita jalan rame2 ke rw sebelah sambil nangkepin capung, kupu2 ataupun emas2an. Its so wonderful n ngangenin yah😍😍

Awal2 tahun 85an kita pindah kontrakan lagi, kali ini agak jauh kedalam dengan kondisi rumah yang lebih kecil lagi. Kalo ngga salah ini adalah satu bangunan dengan beberapa pintu, satu pintunya itu terdiri dari 3 ruangan, ruang tamu, ruang tidur dan dapur. WC dan kamarmandinya kepisah cing. Kebayang yah kalo pagi repotnya ngantri kamar mandi & wc karena semua mo brankat sekolah atau kerja.

Untungnya nyokap berinisiatif untuk ngejadiin sebagian dapur sebagai kamar mandi, jadi kita ngga perlu ikutan ngantri untuk mandi, kecuali bab kita tetep harus ke kamar mandi umum. 
Uda gitu rumahnya belum ada listriknya, jadi kalo malem kita pake petromak atau lampu teplok/minyak. Mangkanya kita harus hati2 karena dinding rumah kita sebagian masih terbuat dari bilik bambu. Kalo mo nyalain tipi kita pake aki ysng pengunaanya terbatas dan butuh untuk dicharge seminggu sekali sesuai dengan pemakaian. Sementara untuk radio kita pake batere.

Pernah sih ada kejadian gulingnya sikakak kebakar akibat kesenggol obat nyamuk bakar, untung aja keburu ketahuan ama nyokap, soale sikakak tetep tidur pules walaupun gulingnya udah tinggal separo.😲😲

Dirumah ini juga sibungsu dilahirkan dan kita semua menyaksikan kehadirannya, secara nyokap lahiran dirumah jam 2 pagi otomatis kita semua kudu bangun karena ruang tidur kita mo dipake buat lahiran sibontot.

Banyak kenangan2 berseleweran saat ini, semua begitu indah walau mungkin pada saat itu kliatan banget taraf hidup kita ada dilevel bawah. Hidup dengan sangat sederhana tapi begitu nikmat untuk dijalani, karena kita melewatinya bersama2.


Buat yang saat ini masih berjuang untuk mendapatkan rumah dan masih harus mengontrak, semangat yaaaa, nikmati ajah semua yang sedang dijalani, syukuri karena suatu saat nanti itu akan menjadi kenangan terindah yang sangat berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar