Minggu, 05 Agustus 2018

Morning Dew Drop

Salah satu efek libur sekolah yang lama adalah ketergantungan sama kotak ajaib aka tipi. Mau ngapain aja, kayaknya kalo tipi mati rasanya kurang afdol. Entah itu mo makan, mainan atau baca, mesti tangannya pada otomatis mencet remote.
PR banget buat emak gimana caranya perlahan2 ngelepas ketergantungan ini #lebay. Tingtingting aha bukan ayu #krikkrikkrik...dapetlah ide, setiap mereka selesai nonton tipi, mereka harus menuliskan apa yang udah dilihat ke sebuah buku yang sudah saya siapkan sebelumnya.
Trus pada nurut? Awalnya sih ngga, ya you knowlah kids jaman saiki, dari mulai protes, ngeyel, nawar, pura2 lupa ama ceritanya sampai akhirnya pasrah, karena simamak bertahan tidak mengijinkan tipi nyala kalo mereka belum nulis.
Mungkin buat kakaknya tugas ini ngga terlalu berat karena urusan baca n nulis uda lancar jaya dari TK, sementara sibontot, berurusan dengan nulis dan baca masih alergi. Jadi kudu banyak sabar ngedikte, yg otomatis bikin saya juga ikutan nonton biar tahu jalan ceritanya. Yah minimal dia sudah mau menulis dan membaca ulang tulisannya, walau hanya 3-4 baris saja.
So far, cara ini efektif untuk bikin mereka berpikir panjang buat nyetel tipi. Mereka memilih main mainan bagi si bontot, sementara si sulung lebih suka membaca. Tapi untuk urusan makan, mau ngga mau mereka tetep sambil nonton tipi karena uda kebiasaan..Ngga masalah selama makanannya habis trus tetep nulis dibuku jurnal.
Ada yang punya pengalaman yang sama?

Have a great weekend dan jangan lupa bahagia & bersyukur😘😘😘

Bekasi, 27.07.2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar