Rabu, 16 Januari 2019

Morning Dew Drop

Progress Report

Sebagian besar anak sekolah kemarin terima rapot tiga bulanan. Semua orang tua pasti berharap anak2 mereka mendapatkan hasil yang maksimal dari ujiannya. Oleh sebab itu, sebagian besar para guru dapat dipastikan menunjukan nilai yang dihasilkan anak2 saat para ortu tiba dimeja pengambilan rapot. Saya pribadi setelah menjadi ortu dan punya anak2 yg bersekolah, yg jadi kekepoan saya pertama kali adalah bagaimana kelakuan anak2 saya selama proses KBM,
- apakah mereka hepi?
- apakah mereka tahu aturan dan tertib?
- apakah temen mereka banyak?
- apakah mereka mengganggu didalam kelas?

Jika menurut gurunya semua ok, lalu saya mengingatkan kembali ke guru2 mereka, buat kami yang penting anak2 ini senang berada disekolah, urusan nilai yang mereka dapatkan, bukan jadi fokus utama. Karena menurut saya, jika anak2 senang berada disekolah dan merasa nyaman, mereka akan mudah menerima pelajaran yang diberikan dan otomatis nilai yang didapatnya pun lumayan. Saya pun bilang ke guru mereka, kalo anak2 setelah kegiatan sekolah, mereka tidak lagi belajar dan saya biarkan untuk bermain kecuali ada pr atau lagi ujian. Anak2 perlu banyak bermain biar tetap punya jiwa dan mental yang sehat. Saya ngga mau punya anak yang juara kelas tapi mudah stres dan berkelakuan kurang baik.
Karena ada satu temennya sibungsu yg setiap pulang sekolah nangis karena takut dimarahi ibunya sebab tidak menyelesaikan tugas disekolah dengan cepat alias kelar paling terakhir. Kenapa anak ini selesainya lama? Soalnya dia seneng ngobrol dan bermain saat KBM, yg disebabkan dirumah dia kurang main karena harus les ini dan itu, belum lagi kalo ngga selesai tugas sekolah, dia harus menerima hukuman beberes rumah...Alasannya emaknya saat kita tanya, anak tuh dari kecil harus diajarin disiplin bu, biar nanti ngga nyusahin waktu gedenya. Emang bener sih, tapi jika urusan disiplin dibicarakan baik2 dengan mereka, insya allah mereka akan seneng ngejalanin, ngga pake drama nangis...
Masa kanak2 yang kurang bahagia akibat banyak mengalami tekanan, akibatnya bisa terus kebawa sampai mereka dewasa nanti dan saya ngga mau itu terjadi pada anak2 saya. Saya pengen anak2 menjadi pribadi yang menyenangkan, punya pergaulan luas dan yang pasti sehat jasmani dan rohani.

Have a lovely Monday dan jangan lupa bahagia & bersyukur😘😘😘

Bekasi, 15.10.2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar